ADSENSE ADSENSE KMNU UIN SUKA: KMNU Selenggarakan KISWAH Edisi 3

KMNU Selenggarakan KISWAH Edisi 3

Yogyakarta, 21 Nopember 2015/10 Shafar 1437

Kajian Islam Ahlus-Sunnah wal Jama’ah (KISWAH) adalah kajian rutin KMNU UIN Suka yang diselenggrakan setiap bulan di minggu pertama dan ketiga. Acara kiswah bertempat di masjid Al-Muttaqien pondok pesantren At-Taqwa, Kembang Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta. Rangkaian acara mulai dibuka jam 20.05 oleh MC.

Muqadaman (Khataman Al-Quran) menjadi pengawal rutinan Kiswah. Tanggal 21 nopember kali ini menjadi moment muqadaman kubro. KMNU pusat menginstruksikan kepada tiap KMNU PT untuk melaksanakan. Acara kali ini ini dihadiri perwakilan BPH regional 2, saudara Dliyauddin dan 30 lebih anggota KMNU UIN Suka putra-putri. Khataman Al-qur’an selesai pada jam 21.10.

Selanjutnya adalah acara inti yaitu kiswah yang diisi oleh Al-Habib Habibi Al-Attas, pengasuh pondok pesantren At-Taqwa. Bahasan kiswah kali ini adalah tentang kekalnya akhirat. Banyak disebutkan di dalam al-qur’an bahwa akhirat kekal. Namun kekal akhirat beda dengan kekal Allah Swt. Kekal Allah Swt itu baqa’ (benar-benar kekal atas kuasanya sendiri) sedangkan kekal akhirat adalah khalid (dikekalkan oleh Allah Swt).

Semua selain-Nya, pada kiamat nanti akan hancur. Cuma, ada beberapa makhluk yang selamat dari kehancuran sebab Allah Swt menghendaki hal itu. Habib juga menyinggung tentang kiasan yang dipakai bangsa Arab dalam al-Qur’an kaitannya dengan tema kali ini. Setiap peserta diberi copymateri agar memudahkan.

Di akhir materi, dibuka sesi tanya bagi peserta kiswah yang masih belum mendapat kepahaman secara mendalam. Kiswah ini berakhir jam 22.31 dan ditutup dengan doa dari Al-Habib Habibi Al-Attas.


-KMNU UIN SUKA-





0 komentar:

Copyright © 2013 KMNU UIN SUKA